Saturday 13 December 2014

Kado Spiritual Opera Tari Gandari

Liputan6.com, Jakarta Dalam wiracarita Hindu, Mahabharata, Gandari adalah nama seorang putri negeri Gandara yang sekaligus merupakan istri dari Destrarata, raja buta dari Kuru. Ia juga dikenal sebagai ibu dari seratus Ksatria Kurawa (para penerus Kuru) yang habis dibinasakan lima bersaudara Pandawa dalam perang Baratayudha.


Berangkat dari kisah Gandari lah, pementasan Opera Tari berjudul Gandari digelar tanggal 12-13 Desember 2014 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Opera Tari ini merupakan sebuah pentas kolaborasi yang melibatkan seniman-seniman ternama Indonesia, Jepang dan Eropa.


Pementasan Opera Tari Gandari yang menggabungkan empat komponen seni yaitu seni sastra, musik kontemporer, tari dan tata rupa ini, disutradarai oleh Yudhi Ahmad Tajudin, seorang sutradara teater kontemporer Indonesia. Keempat komponen seni yang coba dikolaborasikan di opera ini sayangnya belum sepenuhnya menyatu secara utuh (belum menjadi kesatuan bentuk). Hal ini terangkum dan diketahui dari beberapa pendapat penonton seusai melihat pementasan Opera Tari Gandari.


Source: http://ift.tt/12ZtF1t

No comments:

Post a Comment