Sunday 14 December 2014

4 Smartphone Android Terbaik dengan Layar 'Kecil'

Saat ini definisi ‘layar besar’ untuk smartphone sudah sangat bergeser dibanding dulu. Kalau dulu kamu punya ponsel dengan layar 3 inci, itu udah serasa bawa TV kecil loh. Tapi sekarang, smartphone berlayar 3 inci sudah seperti ponsel super mungil. Sekarang untuk flagship Android sudah bermain di atas 5 inci lebar layarnya.

:aneh


Padahal, nggak semua orang senang loh dengan layar besar. Kan jadi agak ribet saat mengetik satu tangan ataupun saat kamu menaruhnya di kantong. Apalagi kalau liburan, yang kecil dan ringan biasanya lebih dicari. Tapi masalahnya, nggak semua pabrikan merilis ponsel dengan layar ‘kecil’ sekaligus spek mumpuni. Banyak versi mini dari flagship tersebut yang speknya dipotong jauh banget dibanding versi ‘normal’.


Nah, 4 smartphone Android di bawah ini adalah pengecualian nih:


Sony Xperia Z3 Compact


Nggak salah lagi, inilah ponsel Android berukuran mungil yang terbaik saat ini. Xperia Z3 Compact menggunakan spek yang sama persis dengan Xperia Z3, seperti tahan air, kamera 20,7 megapiksel dengan sensor 1 / 2.3 inci dan chipset Snapdragon 801 yang powerful. Perbedaan lainnya adalah layar yang lebih kecil, 5,2 inci vs 4,5 inci (tentu dong) dan resolusi yang lebih rendah (1080p vs 720p), serta RAM (3GB vs 2GB). Tapi dengan performa nggak beda jauh, Z3 Compact punya daya tahan baterai yang luar biasa. Harganya berkisar di Rp. 6,5 - 7 juta.


Samsung Galaxy Alpha


Setelah beberapa tahun didera ejekan mengenai bahan plastik yang digunakan di flagshipnya, Samsung akhirnya ‘bertobat’ dengan meluncurkan Galaxy Alpha, yang menggunakan frame metal pada sisi sampingnya, disertai bahan kover belakang yang mewah. Menggunakan layar Super AMOLED 720p dengan ukuran 4,6 inci, Galaxy Alpha masih amat portable dibanding Galaxy S5 di 5,1 inci. Speknya pun cukup mumpuni: prosesor octa-core, kamera 12MP dan RAM 2GB. Harganya ada di awal Rp. 7 juta-an.


HTC One (M7)


Meski termasuk agak berumur (keluaran 2013), tapi HTC One (M7) masih merupakan ponsel keren kok. Layar 4,7 incinya sudah mengadopsi panel 1080p. Bodinya pun mewah abis, metal unibodi pun menggunakan speaker stereo BoomSound di bagian depannya. RAM-nya sudah 2GB, kamera cuma 4MP, tapi mengadopsi teknologi UltraPixel dari HTC. Harga ponsel ini barunya masih di Rp. 6 juta-an, tapi sekennya sudah di angka Rp. 4 juta-an kok.


Sony Xperia Z1 Compact


Loh kok, Sony lagi? Xperia Z1 Compact ini kakaknya Z3 Compact yang ada di atas. Untuk ukuran sekarang pun ponsel ini masih keren banget, speknya nggak beda jauh dengan Xperia Z1, kecuali layar dan baterainya yang diperkecil (3.000mAh vs 2.300mAh). Sisanya kurang lebih sama, seperti Snapdragon 800, RAM 2GB, NFC, kamera utama 20,7 MP, serta anti air dan debu. Harganya sudah menurun ke Rp. 5,5 juta-an.

:baru


No comments:

Post a Comment