Sunday 14 December 2014

Ini Bahaya Piring dan Gelas Melamin untuk Kesehatanmu!

Gladis senang makan atau minum menggunakan peralatan melamin? Piring atau gelas melamin memang sangat menarik karena selain warnanya yang beraneka ragam, kamu juga bisa memilih berbagai bentuk peralatan dengan harga yang relatif murah. Sayangnya, kamu juga harus menghentikan kebiasaan mengasyikkan ini karena ternyata, piring atau gelas melamin sangat berbahaya bagi tubuhmu.


Makanan Panas dalam Piring Melamin Bisa Bikin Kamu…


Dalam sebuah penelitian di Taiwan, terdapat beberapa orang yang diminta untuk menyantap makanan panas di mangkuk berbahan melamin. Setelah itu, peneliti mengumpulkan hasil urin seluruh peserta setelah 12 jam. Tiga minggu kemudian, peserta diminta kembali untuk menyantap hidangan panas dengan mangkuk berbahan keramik. Sama seperti penelitian pertama, hasil urin peserta pun dikumpulkan untuk dianalisis.


Hasil penelitian pun kemudian membuktikan bahwa tingkat melamin pada peserta yang menyantap makanan di atas peralatan melamin jauh lebih banyak dibandingkan mereka yang menyantap makanan dari peralatan keramik. Kadar melamin yang tinggi dalam urin bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih, batu ginjal, gagal ginjal, bahkan kanker.


Kandungan Formalin dalam Piring Melamin


Selain kadar melamin yang meningkat secara drastis, peralatan melamin juga memiliki kandungan formalin yang cukup tinggi. Bahan formalin biasanya digunakan untuk mengawetkan makanan, untuk produk cat kuku agar tahan lama, dan digunakan pula sebagai bahan antibakteri.


Namun, jika zat kimia ini terkonsumsi, maka hasilnya tidaklah baik untuk kesehatan. Kandungan yang cukup tinggi tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit, dari yang terendah sampai kanker mematikan sekalipun.


Apakah Peralatan Melamin Benar-Benar Harus Dihindari?


Jika kamu sudah punya banyak koleksi peralatan melamin di rumahmu, jangan buru-buru membuangnya. Kamu tetap masih bisa mempergunakannya, kok. Peralatan melamin tetap aman jika digunakan dalam keadaan dingin.


Artinya, peralatan melamin ini akan melepaskan formalin dan melamin di dalamnya jika terkena zat atau cairan yang panas. Jadi, hindari mengonsumsi makanan atau minuman panas dengan menggunakan peralatan melamin ya!


Jangan Tertipu Melamin Palsu


Namun, melamin juga ada yang palsu dan asli, Gladis. Melamin yang asli biasanya akan lebih tebal dibandingkan melamin palsu. Selain itu, melamin asli pun akan terlihat lebih bersih dan elegan dibandingkan dengan melamin palsu yang warnanya terlihat lebuh kusam.


1 comment: