Sunday 30 November 2014

Hari AIDS Sedunia 2014

Setiap tanggal 1 Desember, dikenal sebagai hari peringatan akan bahaya virus mematikan yang pertama kali diperkenalkan ke publik sejak tahun 1982. Virus ini kemudian dikenal dengan Human Immunodefiency Virus (HIV) yang berarti virus yang membuat kekebalan tubuh menurun. Virus ini mampu menginfeksi tubuh manusia dan menjadi penyakit mematikan dengan sebutan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome.

Dalam kurun waktu kurang lebih 30 tahun semenjak keberadaan virus HIV AIDS diketahui oleh para ilmuwan, penyakit ini telah merenggut jutaan jiwa diseluruh dunia. Penyebaran virus HIV yang berawal di daerah Amerika Serikat dan Eropa, berkembang keseluruh dunia tak terkecuali di Indonesia.


Virus ini juga biasa menyerang pada primata di hutan Afrika layaknya manusia saat diserang virus flu, namun suatu kejadian menyebabkan virus tersebut berpindah ke manusia dan menyerang sel-sel kekebalan tubuh sehingga mengakibatkan tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit dan sering kali berujung pada kematian.


Setelah para ilmuwan mengetahui penularan virus HIV tidak semudah menular layaknya virus flu, namun kenyataannya HIV mewabah di seluruh dunia dengan cepat dan menjadi ancaman tersendiri bagi kesehatan dan keselamatan jiwa manusia. Untuk itu, penting bagi setiap masing-masing orang untuk mencegah penyebaran HIV dengan memahami lebih dalam mengenai HIV dan AIDS itu sendiri.


No comments:

Post a Comment