Friday 28 March 2014

Jelang Nyepi, Warga Gelar Ritual Melasti di Sejumlah Pantai

Suara.com - Kawasan pantai yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan mancanegara berlibur ke Pulau Dewata kini menjadi tempat pelaksanaan Melasti. Ritual tersebut merupakan serangkaian pelaksanaan hari Suci Nyepi tahun baru Saka 1936.


Hampir semua kawasan pantai di Bali kini dipadati umat Hindu untuk melaksanakan ritual pembersihan benda-benda suci. Masing-masing desa adat di Bali memilih kegiatan ritual melasti di pantai terdekat yang umumnya ditempuh dengan jalan kaki.


Warga di desa adat Tabanan berjalan kaki melakukan melasti ke Pantai Yeh Gangga yang berjarak sekitar 7 kilometer dengan membawa perlengkapan ritual yang diiringi dengan alunan gamelan.


Demikian pula masyarakat Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Mereka melakukan ritual melasti ke Pantai Sanur, Pantai Kuta dan sekitarnya. Warga melaksanakan ritual tersebut antara hari Jumat (28/3/2014) atau hari Sabtu (29/3/2014).


Sedangkan masyarakat Desa Adat Ole, Desa Marga Dauh Puri, Kabupaten Tabanan, yang lokasinya jauh dari pantai maupun danau melaksanakan ritual melasti itu ke sumber mata air.


Melasti merupakan kegiatan mengawali rangkaian ritual Nyepi. Ritual tersebut wajib dilakukan oleh masing-masing desa adat di Bali. Bagi warga masyarakat yang bermukim di pantai melakukan kegiatan itu ke laut. bagi yang di gunung melakukannya ke danau dan masyarakat yang jauh dari pantai maupun gunung dapat melakukan hal itu ke sumber mata air terdekat. (Antara)






Sumber http://ift.tt/1o7gPYs

via suara.com

No comments:

Post a Comment