Friday 28 March 2014

Demi Penghematan, Italia Lelang Mobil Dinas Mewah via eBay

http://ift.tt/eA8V8J

Suara.com - Pemerintah Italia memutuskan untuk melelang 151 unit mobil dinas, beberapa di antaranya bermerek Jaguar, BMW, dan Maserati, melalui situs jual beli online, eBay. Italia mengambil langkah itu untuk meningkatkan efisiensi anggaran.


Italia mempunyai sekitar 60.000 unit mobil dinas yang biaya operasional per tahunnya mencapai 1 miliar euro atau sekitar Rp15,6 triliun, demikian dilaporkan Reuters, Jumat (28/3/2014).


Pelelangan yang dimulai sejak 26 Maret itu, tampaknya tidak banyak bermanfaat untuk menutup utang Italia yang mencapai 2 triliun euro, tetapi dinilai strategis untuk pencitraan Perdana Menteri Mateo Renzi.


Warga Italia sendiri sudah sangat muak dengan gaya hidup para pejabat di negeri itu yang dinilai berfoya-foya di tengah kesulitan ekonomi yang melanda Eropa.


Tetapi Renzi yang merebut kursi pemerintahan pada Februari silam, berhasil mencuri hati rakyatnya dengan tampil sederhana, termasuk ketika dia mengendarai sendiri mobil Smart listriknya saat pergi bekerja.


Sejauh ini, para peserta lelang online sangat tertarik pada sebuah mobil Alfa Romeo 166 berwarna abu-abu. Penawar tertinggi untuk mobil itu mengajukan harga 8.621 euro (sekitar Rp134,6 juta).


Sementara satu unit BMW 525d, dengan kursi kulit berwarna coklat, laku terjual di harga 15.050 euro (Rp235,1 juta) setelah ditawar oleh 75 pembeli.


Selain dua mobil itu, masih ada dua unit Jaguar yang belum mulai dilelang. Mobil itu sebelumnya digunakan oleh menteri kehakiman Italia. Ada juga sembilan unit Maserati yang akan ditawarkan kepada para pembeli di eBay. (Reuters)






Sumber http://ift.tt/1ftGelJ

via suara.com

No comments:

Post a Comment