Friday 28 March 2014

Dobrak Protokoler, Paus Fransiskus Mengaku Dosa di hadapan Publik

Suara.com - Paus Fransiskus mengejutkan Vatikan pada Jumat (28/3/2014), dengan pergi mengaku dosa pada seorang pastor biasa dalam sebuah upacara ibadat tobat di Gereja St Petrus, Roma.


Peristiwa langka itu berlangsung ketika paus asal Argentina itu selesai menyampaikan kotbah dalam ibadat tobat di Basilika St Petrus. Seharusnya usai memberi kotbah dia memasuki ruang pengakuan dosa untuk melayani umat dan sekitar 60 pastor yang akan mengaku dosa.


Tetapi alih-alih memasuki ruang pengakuan dosa yang kosong, dia malah langsung menuju kamar pengakuan dosa yang sudah ditempati oleh seorang pastor biasa. Dia lantas berlutut dan mengakui dosa-dosanya di hadapan pastor itu selama beberapa menit.


Setelah selesai mengakui dosa-dosanya, Paus Fransiskus baru memasuki kamar pengakuan dosa yang disediakan untuknya untuk kemudian melayani umat yang akan mengaku dosa.


Pejabat gereja yang bertugas mengatur upacara itu, Guido Marini, tampak terkejut melihat peristiwa itu, demikian juga pastor yang melayani pengakuan dosa Fransiskus. Beberapa pastor juga keluar dari kamar pengakuan dosa untuk menyaksikan peristiwa langka itu.


Paus, dalam tradisi Gereja Katolik, memang secara teratur mengaku dosa. Paus Emeritus Benediktus XVI dan mendiang Paus Yohanes Paulus II diketahui mengaku dosa seminggu sekali. Tetapi mereka biasanya mengaku dosa kepada pastor tertentu dan dilakukan secara privat. (Reuters)






Sumber http://ift.tt/1jEo48j

via suara.com

No comments:

Post a Comment