Monday 31 March 2014

9 Pemimpin Dunia dan Ponsel Andalan Mereka

http://ift.tt/eA8V8J

Suara.com - Terkuaknya aksi mata-mata dan peretasan telepon seluler pemimpin sejumlah negara oleh Badan Intelijen Amerika Serikat, NSA, membuka mata dunia tentang pentingnya keamanan jalur komunikasi para pemimpin dunia.


Akan tetapi meski sensitif, para pemimpin dunia rupanya tidak menggunakan ponsel-ponsel “aneh”, melainkan ponsel biasa yang tersedia di pasaran. Hanya saja, biasanya ponsel para pemimpin dunia itu sudah ditanami dengan program keamanan canggih untuk menghindari pembajakan.


Berikut adalah 9 pemimpin dunia dan gadget-gadget yang lazim mereka gunakan:


1. Presiden Barack Obama (Amerika Serikat)

Obama sejak sebelum menjabat sebagai presiden AS diketahui menggunakan ponsel cerdas Blackberry. Hanya saja Blackberry Obama sudah dimodifikasi oleh NSA. Tetapi awal Maret sejumlah laporan menyebutkan bahwa Obama mempertimbangkan untuk mengganti gadget ke produk buatan Samsung dan LG.


Sementara dalam satu kesempatan di awal 2014 Obama mengatakan bahwa dia tidak dibiarkan menggunakan iPhone karena alasan keamanan.


2. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Indonesia)

Presiden SBY diketahui menggunakan iPhone, iPad, dan laptop Mac bikinan Apple. Hal itu terlihat saat dia pertama kali meluncurkan akun Twitter-nya tahun lalu.


Tetapi pada 2009 SBY dilaporkan menggunakan ponsel Nokia E-90 sementara Wakil Presiden Boediono disebut gunakan Blackberry Bold 9000. Itu diketahui dari bocoran informasi Edward Snowden tentang penyadapan terhadap SBY oleh Badan Intelijen Australia.


3. Kanselir Angela Merkel (Jerman)

Ponsel Merkel menjadi terkenal ketika pada Oktober tahun lalu Snowden membocorkan bahwa NSA telah lama menyadap pembicaraan sang kanselir. Merkel diduga punya dua ponsel. Ponsel Merkel yang diduga disadap adalah Nokia 6260 sementara ponsel satu lagi bermerek Blackberry Z10 yang dilengkapi dengan enkripsi Secusmart, yang diklaim tidak bisa diretas.


4. Perdana Menteri Nawaz Sharif (Pakistan)

Sharif diketahui sering menggunakan dua jenis ponsel, pertama iPhone dan Samsung. Tetapi kedua ponsel itu diduga milik orang-orang dekatnya, yang bertugas untuk menyaring panggilan telepon untuk sang perdana menteri. Ponsel pribadi Sharif sendiri adalah Blackberry Bold, yang digunakan untuk berhubungan dengan keluarganya.


5. Presiden Vladimir Putin (Rusia)

Putin terkenal karena mengatakan dia tidak menggunakan ponsel, berbeda dengan perdana menterinya, Dmitry Medvedev, yang menggunakan iPhone. Medvedev bahkan menjadi orang pertama yang memiliki iPhone 4, karena langsung diberikan oleh Steve Jobs, pendiri Apple.


Adapun Putin pernah mengatakan bahwa dia punya banyak ponsel, tetapi dia tidak menggunakan ponsel-ponsel itu karena “tidak punya waktu”.


Keengganan Putin untuk menggunakan iPhone bisa dipahami karena latar belakang intelijennya. Dia juga diketahui menghindari internet dan terbiasa memperoleh informasi dari KGB, Badan Intelijen Rusia.


6. Presiden Francois Hollande (Prancis)

Hollande terkenal tidak bisa lepas dari iPhone 5-nya. Dia sering bertukar pesan pendek dengan kekasihnya, Julie Gayet. Ponsel itu memang digunakan untuk keperluan pribadi saja.


Untuk keperluan pemerintahan, Hollande menggunakan ponsel ultraaman Teorem. Tetapi presiden sebelum Hollande, Nicolas Sarkozy menolak menggunakan Teorem karena dia dipaksa menunggu 30 detik sebelum panggilan teleponnya tersambungkan.


7. Kim Jong Un (Korea Utara)

Spekulasi tentang ponsel Kim Jong un berkembang setelah sebuah foto menunjukkan dia menggunakan HTC. Media-media Korea Selatan menyebutkan ponsel itu digunakan untuk menelpon anggota keluarga dan elit Partai Buruh, Korut.


8. Perdana Menteri Mateo Renzi (Italia)

Renzi bukan saja penggila iPhone, dia adalah fanatik Apple. Dia pernah berfoto di samping tanda masuk di markas Apple di Amerika Serikat. Ketika Jobs wafat, Renzi menulis di akun Facebook-nya bahwa pendiri Apple itu adalah “Leonardo da Vinci” pada zaman kita.


9. Perdana Menteri Manmohan Singh (India)

Ketika laporan tentang penyadapan ponsel para pemimpin dunia oleh NSA pada Oktober 2013, India mengaku tenang-tenang saja karena Singh rupanya tidak mempunyai ponsel sama sekali. Dia diketahui hanya menggunakan telepon konvensional untuk berkomunikasi. (Guardian)






Sumber http://ift.tt/1jPg8RA

via suara.com

No comments:

Post a Comment