Tuesday 29 April 2014

Inilah “Bintang Terdingin” yang Pernah Ditemukan di Ruang Angkasa

http://ift.tt/eA8V8J

Suara.com - Astronom Amerika Serikat menemukan sebuah bintang paling dingin yang pernah ditemukan. Suhu di permukaan bintang jenis kerdil coklat tersebut diperkirakan sedingin suhu di Kutub Utara Bumi.


Bintang tersebut ditemukan dengan menggunakan teleskop Wide-field Infrared Survey Explorer (Wise) dan Spitzer Space milik Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA). Gambar yang diperoleh melalui kedua teleskop tersebut menunjukkan bahwa bintang itu berjarak 7,2 tahun cahaya. Berdasarkan data tersebut, maka sistem bintang tersebut merupakan sistem terdekat keempat dengan sistem tata surya kita.


“Senang sekali rasanya menemukan tentangga baru di sistem yang dekat dengan tata surya kita,” kata Kevin Luhman, seorang profesor astronomi dan astrofisika di Penn State Center for Exoplanets dan Habitable Worlds.


Bintang kerdil coklat awalnya juga memancarkan cahaya. Namun, bintang ini kekurangan massa untuk membakar bahan nuklir dan berpendar layaknya bintang lain.


Bintang yang diberi nama Wise J085510.83-071442.5 ini diperkirakan memiliki suhu antara -48 derajat Celsius hingga minus 13 derajat Celsius. Teleskop Wise dan Spitzer sebelumnya juga pernah menemukan bintang kerdil coklat. Namun suhunya berkisar di antara suhu kamar.


Meski cukup dekat dengan tata surya kita, bintang tersebut bukan menjadi salah satu tujuan perjalanan luar angkasa di masa depan. Suhunya yang terlalu dingin dinilai tidak mampu mendukung kehidupan manusia. (Dailymail)






Sumber http://ift.tt/S5ppJd

via suara.com

No comments:

Post a Comment