Thursday, 1 May 2014

4 Teka-teki yang Muncul dari Laporan Hilangnya MH370

Suara.com - Pemerintah Malaysia merilis laporan awal hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 kepada publik hari ini, Kamis (1/5/2014). Namun, laporan yang terdiri atas lima halaman tersebut dinilai sangat singkat.


Laporan itu tidak menyuguhkan informasi baru terkait MH370. Sebagian besar sudah pernah diungkap sebelumnya. Jadi ini hanya semacam kesimpulan dari keterangan yang sudah pernah dipublikasikan.


CNN bahkan menyebutkan, laporan tersebut justru memunculkan sejumlah pertanyaan baru terkait hilangnya pesawat. Ada 4 pertanyaan yang muncul dari laporan tersebut.


1. Apa yang terjadi pada 17 menit awal sejak pesawat hilang?


Pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 hilang pada 8 Maret pukul 1.21 dini hari. Sejak saat itu, tidak ada satupun komunikasi dari kokpit MH370, padahal sedianya MH370 harus segera menghubungi pusat kendali lalu lintas udara Ho Chi Minh, Vietnam, setelah keluar dari wilayah udara Malaysia.


Baru 17 menit kemudian, atau tepatnya pukul 1.38, Ho Ci Minh menghubungi pusat kendali lalu lintas udara Malaysuia guna menanyakan keberadaan MH370. Jadi selama 17 menit tersebut, kedua pusat kendali lalu lintas udara kedua negara tidak menyadari bahwa MH370 hilang.


2. Apa yang dilakukan pemerintah selama 4 jam setelah pesawat hilang?


Ada selisih waktu empat jam sejak hilangnya kontak MH370 sampai saat dibentuknya operasi pencarian resmi. Padahal, ada kemungkinan, waktu empat jam tersebut adalah waktu yang sangat krusial.


Pada hari Selasa, 11 Maret 2014, atau 3 hari pascahilangnya MH370, maskapai MAS mengatakan MH370 diduga masih terbang sampai enam setengah jam setelah hilang kontak. Itu berarti, MH370 mungkin masih terbang selama selisih empat jam tersebut, dan dua setengah jam setelah operasi pencarian resmi diluncurkan.


3.Apa peran militer di malam hilangnya pesawat?


Laporan tersebut tidak menunjukkan peran militer di malam hilangnya MH370. Laporan hanya menyebutkan bahwa radar militer mengungkap sebuah pesawat yang diduga MH370 berbalik ke arah barat, menyeberangi Semenanjung Malaysia.


4. Mengapa laporan tidak memuat keterangan rinci seperti laporan-laporan sejenis?


Laporan tidak mengungkap keterangan rinci. Laporan sangat singkat, hanya 5 lembar, dan cenderung langsung pada intinya.


Sebagian besar keterangan sudah pernah diungkap sebelumnya. Tidak ada perincian soal manifes kargo pesawat, posisi tempat duduk masing-masing penumpang dan transkrip komunikasi pusat kendali udara.


Jika dibandingkan dengan laporan awal hilangnya sejumlah maskapai besar, laporan MH370 ini tergolong sangat terbatas. Misalnya saja, laporan hilangnya pesawat Air France 447 tahun 2009 yang sebanyak 128 halaman, atau laporan insiden pesawat Qantas tahun 2010 yang sebanyak 40 halaman, termasuk gambar dan grafik.


Hanya ada satu hal baru yang diungkap dalam laporan tersebut. Pemerintah Malaysia meminta Badan Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk menstandarkan pelacakan real-time di pesawat-pesawat komersial sebagai antisipasi insiden di masa yang akan datang. (CNN)






Sumber http://ift.tt/1iHdNBb

via suara.com

No comments:

Post a Comment