Thursday 29 May 2014

Kelompok Berjubah Serang Ibadah Rosario Umat Katolik di Kaliurang

Sekelompok orang yang menggunakan jubah menyerang rumah Direktur Galang Press, Julius di jalan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Aksi penyerangan yang terjadi Kamis (29/5/2014) malam itu bersamaan dengan ibadah Rosario yang tengah dilakukan Julius dengan sejumlah umat Katolik lainnya.


Koordinator Jaringan Antariman Indonesia (JAII) Elga Sarapung mengatakan, aksi penyerangan terjadi sekitar pukul 19.30 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Massa yang mengenakan jubah itu melemparkan berbagai macam barang ke dalam rumah, seperti pot bunga.


Penyerangan itu membuat sejumlah Jemaah mengalami luka parah dan kini tengah dirawat di Rumah Sakit Panti Rapih di Yogyakarta.


“Pak Julius sendiri termasuk korban yang mengalami luka-luka. Penyerangan itu terjadi secara tiba-tiba, kami tidak tahu dari kelompok mana massa yang menyerang itu. Selama ini, rumah Julius memang kerap digunakan sebagai tempat untuk melakukan ibadah lingkungan bagi umat Katolik dan tidak pernah terjadi apa-apa,” kata Elga kepada suara.com melalui sambungan telepon, Jumat (30/5/2014).


Elga menambahkan, sejumlah saksi mata sempat mengenali salah satu penyerang. Karena itu, tim dari Jaringan Antariman Indonesia (JAII) tengah melakukan investigasi untuk mengumpulkan semua bukti-bukti terkait aksi penyerangan tersebut.


“Selama ini, apabila terjadi kasus penyerangan terkait agama biasanya jarang ditindaklanjuti polisi dengan alasan kekurangan alat bukti. Karena itu, teman-teman dari JAII tengah berada di lokasi untuk mengumpulkan bukti yang diperlukan. Kalau foto saat terjadinya aksi penyerangan kami punya,” ungkapnya.


Elga mengungkapkan, polisi sudah berada di lokasi kejadian tidak lama setelah terjadinya aksi penyerangan. Namun, tidak ada satu pun pelaku penyerangan yang menggunakna jubah itu ditangkap. Semalam, istri Gubernur DIY, GKR Hemas juga sudah mengunjungi lokasi kejadian untuk menenangkan warga.






Sumber http://ift.tt/1nzv1cA

via suara.com

No comments:

Post a Comment