Thursday 29 May 2014

Perusahaan Belanda Mulai Jual Mobil Terbang

http://ift.tt/eA8V8J

Pernahkah Anda bermimpi punya mobil terbang saat sedang terjebak dalam kemacetan Jakarta? Jika pernah, maka bergembiralah. Mimpi Anda sebentar lagi akan menjadi nyata.


PAL-V Europe NV, sebuah perusahaan di Raamsdonksveer, Belanda, telah rampung mengembangkan PAL-V mobil roda tiga yang bisa melesat di jalan raya dan terbang seperti helikopter tempur di langit.


Mobil terbang yang namanya merupakan kepanjangan dari Personal Air and Land Vehicle itu menggunakan sistem penerbangan autogyro, dengan mesin berbahan bakar bensin yang bisa menghasilkan tenaga 230 horsepower untuk memutar sepasang baling-baling, yang terletak di belakang dan di atas, sehingga mobil itu bisa terbang dengan sempurna.


Sebelumnya PAL-V Europe NV menyempurnan dua hal penting agar PAL-V bisa diproduksi massal. Pertama dengan menggunakan material komposit sebagai bahan pembuat mobil itu sehingga bobotnya lebih ringan saat terbang, tetapi juga kokoh meniti jalan raya. Kedua memasang suspensi belakang hidrolik, agar mobil roda tiga itu bisa bermanuver layaknya sepeda motor.


“Sebelumnya, mobil roda tiga ini punya pusat gravitasi tinggi sehingga tidak bisa dikemudikan dengan aman,” kata Robert Dingemanse, bos PAL-V Europe.


PAL-V bisa melesat dengan kecepatan maksimal 180 kilometer per jam, baik di darat maupun di udara. Saat terbang mobil itu bisa menjangkau jarak maksimal 507 km. Untuk mengubah mode dari mobil ke pesawat dibutuhkan waktu sekitar 10 menit.


Hanya saja, jika digunakan di jalanan Jakarta yang macet, Anda harus sedikit cerdik karena PAL-V butuh landasan pacu sepanjang 164 meter dan landasan sepanjang 30 meter untuk mendarat.


Dingimanse mengatakan perusahaanya sudah menerima pesanan dari beberapa pelanggan di Belanda dan berharap pesanan dari luar negeri mulai masuk pertengahan tahun ini. Ia berencana mulai mengirim PAL-V pertamanya pada 2016.


Adapun soal harga, PAL-V dijual cukup mahal, yakni sekitar 395.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp4,59 miliar. Dengan jumlah itu Anda bisa membeli satu unit pesawat Cessna 172 sngle engine atau satu unit Lamborghini Aventador. (BBC)






Sumber http://ift.tt/SVz0Cv

via suara.com

No comments:

Post a Comment