Monday 30 June 2014

3 Tips Berkendara Aman Saat Puasa Ala Rifat Sungkar

http://ift.tt/eA8V8J

Bulan Ramadan telah tiba. Meski menjalani ibadah puasa, tentu aktivitas keseharian tidak akan pernah berhenti, termasuk berkendara. Berkendara dalam kondisi fisik yang melemah karena berpuasa, tentu membutuhkan perhatian khusus.


Untuk itu, atlet dan pemerhati dunia otomotif nasional Rifat Sungkar punya beberapa tips berkendara, terutama bagi Anda yang tengah menjalankan ibadah puasa. Niscaya, tips berikut ini bermanfaat agar bekendara menjadi nyaman dan aman.


1. Periksa keadaan mobil di bengkel


Ada baiknya untuk meluangkan waktu pergi ke bengkel guna memeriksa keadaan mobil. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi gangguan yang terjadi pada kendaraan selama bulan puasa.


2. Perbanyak asupan protein dan cairan saat sahur


Saat sahur, jangan terlalu banyak menkonsumsi karbohidrat yang akan menyebabkan kantuk. Sebaliknya, perbanyaklah protein dan cairan. Cairan sangat penting bagi tubuh, karena biasanya pada bulan puasa, ketika energi terkuras, kita terkadang sulit menahan rasa haus dibanding rasa lapar.


3. Bila hendak berkendara, perhatikan jarak tempuh dan ketahanan tubuh.


Pada saat berpuasa, bila hendak berkendara penting untuk perhatikan antara jarak tempuh, waktu tempuh dan ketahanan tubuh. Jangan sampai anda membuang energi dengan kalkulasi waktu yang salah selama perjalanan, karena bila terjadi yang bisa anda lakukan adalah bersabar.


Pada hakekatnya melakukan aktifitas apapun di bulan Ramadhan merupakan ibadah. Alangkah baiknya jika Anda memperhatikan tiga hal di atas. Tujuannya, tak lain agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pada gilirannya, emosi dapat lebih terkontrol dan dapat beribadah dengan baik.






Sumber http://ift.tt/1qKTNEM

via suara.com

No comments:

Post a Comment