Tuesday 29 July 2014

Mantan Wakil PM Libya Diculik

Satu kelompok bersenjata menculik seorang mantan wakil perdana menteri Libya yang baru terpilih sebagai anggota parlemen, Mustapha Abu Shagur, di ibu kota Tripoli, Selasa (29/7/2014).


“Sejumlah pria dalam tiga mobi menculik paman saya dari rumahnya dan membawanya pergi ke tujuan yang tidak diketahui,” kata keponakan Mustapha, Issam al-Naass kepada AFP.


“Dua puluh menit sebelum penculikan, Abu Shagur menerima telepon dari seorang asing yang memintanya untuk meninggalkan rumah karena bahaya,” tambahnya.


Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas penculikan itu.


Abu Shagur terpilih sebagai wakil rakyat pada pemilu legislatif Libya 25 Juni 2014, di mana dia tampil sebagai calon independen.


Dia dijadwalkan mulai menduduki jabatannya pada 4 Agustus mendatang, pada sidang pembukaan Dewan Perwakilan Rakyat, yang dipilih menggantikan parlemen sementara, Kongres Umum Nasional.


Abu Shagur pernah menjadi wakil perdana menteri selama satu tahun di bawah Abdelrahim al-Kib, yang memimpin pemerintah transisi pertama yang dibentuk usai pemberontakan 2011 yang menggulingkan diktator Moammar Khadafi.


Penculikan dan pembunuhan politisi, aktivis hak asasi manusia, dan wartawan telah terjadi beberapa kali dalam kekacauan yang mencengkeram Libya sejak jatuhnya Gaddafi.


Mantan perdana menteri Ali Zeidan diculik selama beberapa jam Oktober lalu. Hal itu dinilai sebagai bentuk kegagalan pemerintah untuk mengendalikan puluhan milisi di negara itu. (Antara/AFP)






Sumber http://ift.tt/1s0bwtu

via suara.com

No comments:

Post a Comment