Wednesday 30 July 2014

Serbuan Orang Bersenjata Pisau Tewaskan Belasan Warga

Belasan orang tewas dalam serangkaian serangan yang terjadi di Provinsi Xinjiang, Cina, hari Senin (28/7/2014). Serangan dilancarkan sekelompok orang ke gedung pemerintahan dan kantor polisi di wilayah tersebut.


Para penyerang bersenjatakan pisau itu melakukan serangan terkoordinasi di kota Elixhu dan Huangdi. Selain membunuh orang, mereka juga merusak kendaraan warga.


Kantor berita Xinhua hanya menyebutkan belasan warga sipil Han Cina tewas, namun tidak mengatakan jumlah pasti orang yang menjadi korban. Tidak disebutkan pula identitas para penyerang. Sementara itu sedikitnya ada 31 mobil yang dirusak dan ada 6 mobil yang dibakar.


Xinjiang merupakan provinsi yang memiliki cadangan minyak dan gas alam di Cina. Provinsi ini telah lama dibayangi ketegangan antar-etnis yakni imigran Han dan warga penutur Bahasa Turki, yang sebagian besar adalah kelompok etnis Muslim Uighur. Etnis Muslim Uighur memang telah lama memprotes diskriminasi dalam bidang keagamaan dan ekonomi yang dilakukan oleh etnis Han.


Sebuah foto yang beredar di internet menunjukkan sedikitnya ada lima lokasi yang menjadi tempat terjadinya serangan. Serangan terjadi selama enam jam pada Senin pagi. Disebutkan pula, sepasukan tentara yang dikerahkan ke lokasi menewaskan 16 penyerang.


Seorang polisi kota Elixhu membenarkan kejadian tersebut, namun tidak bersedia memberikan informasi lebih lanjut. (WSJ)






Sumber http://ift.tt/1tYV5Nn

via suara.com

No comments:

Post a Comment