Thursday 30 October 2014

Ini Sejarah Halloween Versi Bangsa Galia Kuno

Meskipun Haloween tidak terlalu populer di negara kita, namun hampir semua orang tahu bahwa Halloween adalah hari di mana semua orang menggunakan pakaian hantu dan menghias rumah dengan berbagai macam hal-hal yang bernuansa seram.


Salah satu benda yang selalu ditemui pada perayaan Halloween adalah Jack O’Lantern, sebuah hiasan yang dibentuk dari labu yang diisi dengan lilin atau lampu yang menyala. Sehingga pada malam tiba Jack O’Lantern ini akan memiliki kesan yang menyeramkan. Pada perayaan Halloween ada juga hiasan lainnya seperti tengkorak, kelalawar, tulang belulang, sarang laba-laba. Dan selain itu terkadang ada sapu penyihir dan belangga tempat dimana nenek sihir membuat obat atau ramuan penyihir.


Lalu apa sih sebanarnya perayaan Halloween dan kenapa sampai ada perayaan yang menyeramkan seperti ini?


Sejarah dan asal-asul yang berkembang mengenai perayaan Halloween ada berbagai versi. Namun yang paling pas diterima berasal dari perayaan bangsa Galia Kuno yang disebut Samhain yang berarti “Akhir Musim Panas”.


Perayaan Samhain dipercaya sebagai berakhirnya “masa terang” yaitu musim semi dan musim panas. Dan dimulainya “masa gelap” yaitu musim gugur dan musim dingin. Bangsa Galia kuno percaya bahwa di hari Samhain (31 Oktober). Alam gaib dan dunia nyata sangat tipis sehingga para penduduk gaib dapat menyebrang ke alam dunia.


Pada perayaan tersebut, penduduk Galia kuno akan mengadakan perayaan besar untuk nenek moyang mereka yang sudah lama meninggal dan “mengundang” mereka untuk duduk makan bersama, sedangkan arwah atau makhluk gaib yang jahat akan diusir dari rumah atau tempat tinggal mereka.


Agar mempersulit arwah atau makhluk gaib yang jahat, maka para penduduk akan menggunakan topeng dengan wajah buruk. Berdandan menyerupai mahluk gaib memiliki tujuan kalau nantinya para makhluk gaib akan mengira mereka sama dan tidak semestinya diganggu. Perayaan Samhain berjalan dengan meriah.


Dari tradisi Samhain inil akhirnya berkembang sampai sekarang, menjadi perayaan Halloween yang mengenakan berbagai macam kostum. Dan kostum yang sekarang tak melulu kostum hantu yang seram, tapi berbagai kostum unik seperti binatang sampai tokoh superhero atau kartun pun ada!:baru



No comments:

Post a Comment