Saturday 30 August 2014

Peringatan Kemerdekaan Malaysia, 178 Warga Miliki Nama Unik

Tanggal 31 Agustus menjadi momen istimewa bagi negara Malaysia, karena hari ini merupakan peringatan kemerdekaannnya yang ke 55.


Setidaknya, hari istimewa juga dirasakan 178 warga Malaysia yang tercatat memiliki nama unik yaitu Merdeka dan Malaysia.


Wakil Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Dr Wan Junaidi Tuanku Jaafar mengatakan, penyandang kedua nama itu beruntung karena kedua orang tua mereka memberi nama sesuai dua hari istimewa yang disambut setiap tahun yaitu Hari Kemerdekaan pada 31 Agustus dan Hari Malaysia pada 16 September.


“Berdasar statistik Kantor Pendaftaran Negara (JPN), terdapat 64 orang memiliki nama unik yaitu Merdeka,” katanya seperti dikutip harian Kosmo, Minggu (31/8/2014).


Sementara 114 orang lainnya menyandang nama Malaysia. Nama Merdeka terakhir kali didaftarkan pada 1 September 1994 di Sebuyau, Sarawak dan nama Malaysia terakhir didaftarkan pada 2 September 1989 di Miri, Sarawak.


Malaysia Yap (51) mengatakan, kakeknya memberi nama Malaysia karena ia lahir pada hari yang sama dengan pembentukan negara Malaysia pada 16 September, setelah enam tahun kemerdekaan negara yang tadinya bernama Persekutuan Tanah Melayu.


Bahkan seorang warga, Sarakup Malaysia Samak (51) mengatakan, bukan saja nama Malaysia yang istimewa, namun “Sarakup” itu sendiri dalam bahasa Iban artinya “bergabung” yang mempunyai kaitan dengan pembentukan Malaysia ketika itu.


Sementara itu Merdeka Osman (57) yang lahir pada 31 Agustus mengaku bangga karena dapat merayakan ulang tahunnya serentak dengan berjuta-juta rakyat Malaysia yang menyambut Hari Kemerdekaan. (Antara)






Sumber http://ift.tt/1u0nh3c

via suara.com

No comments:

Post a Comment