Sunday 31 August 2014

Insentif Pajak Mobil listrik di Norwegia Diprotes

http://ift.tt/eA8V8J

Pemberian fasilitas berupa pengurangan pajak buat mobil listrik membuat penjualannya meningkat di Norwegia.


“Ini menjadi masalah,” kata seorang pengemudi bus, Erik Haugstad yang mengeluhkan soal banyaknya mobil listrik yang menyerobot jalur bus di Oslo.


Kebijakan tersebut berhasil membuat 32 ribu kendaraan memenuhi jalanan di Norwegia, menjadi rating tertinggi didunia dengan penduduk 5.1 juta orang.


“Saya pengemudi bus dan saya ingin penumpang saya bisa cepat sampai tujuan. Jadi saya harap, mobil listrik tersebut bisa keluar dari jalur bus karena mereka menghalangi saya,” katanya.


“Keterlambatan yang terjadi merugikan penumpang. Kerugiannya jauh lebih besar dari apa yang didapat dari mobil listrik tersebut,” katanya.


Kejadian tersebut bisa menyebabkan pengguna bus bisa beralih ke kendaraan pribadi karena sering terjebak macet, dan semakin memperburuk kemacetan.


Berdasarkan studi dari Norwegian Public Roads Administration, mobil listrik sudah menguasai 85 persen dari jalur bus saat jam sibuk.


Mobil listrik juga terhindar dari pembayaran tol atau biaya parkir di lahan parkir dimana mereka bisa sekaligus mengisi listrik mobil.


Namun diantara semuanya, mobil listrik ini terhindar dari pajak Norwegia yang terkenal tinggi dan VAT.


Norwegia memberikan insentif demi mengurangi emisi kendaraan saat terjadi kemacetan, yang menyumbangkan 10 persen polusi di Norwegia. (AFP)






Sumber http://ift.tt/1ngaBAl

via suara.com

No comments:

Post a Comment